Wednesday April 23, 2014

Tanya Jawab tentang Notul, Nilai Pabean, Keberatan dan Banding

Selamat Pagi Bapak Rahman Hakim.

Senang sekali bisa baca web ini.
Saya Import barang dari china,dan ternyata dikenakan Notul oleh bea Cukai.disitu tertulis “salah harga” ( under value ) padahal saya import harga betul-betul sesuai invoice ( murni ). saya sudah membayar sesuai notulnya dan barang juga sudah saya terima, tapi disini saya mengajukan keberatan/banding dengan uang berupa jaminan tunai di Bank. baru 2 hari yang lalu saya terima kabar bahwa keberatan saya ditolak/kalah padahal document pendukung sudah disertakan. Yang saya mau tanyakan
1. apa memang selalu kalah kalu mengajukan keberatan/banding ke Bea Cukai? kalau berdasarkan prosentase kira-kira berapa persen?
2. Dengan Jaminan tunai dibank seperti yang sudah saya lakukan kalau untuk mengajukan banding lagi ke Pengadilan Pajak apa masih ada harapan uang bisa kembali seandainya banding saya menang?
3. Minta tolong jelaskan prosedur untuk pengajuan Banding/keberatan ke Pengadilan Pajak. prosentase menangnya kira-kira berapa persen?
4. Berapa biaya untuk Pengajuan ke Pengadilan Pajak? saya dengar disana juga banyak mafianya.

Terima kasih.

Bobby Sigit Purwanto

Selamat Pagi Pak Bobby,

Maaf baru bisa dijawab sekarang,

1. Dalam pengajuan keberatan/banding, kita tidak selalu kalah pak, walaupun seringnya begitu..:), banyak juga kok yang bisa menang, hanya saja memang harus benar2 memenuhi apa yg dipersyaratkan Bea dan Cukai.

Intinya adalah Bea dan Cukai membuka kesempatan kepada Importir/Kuasanya untuk meyakinkan mereka bahwa Harga/Nilai Pabean yang kita ajukan memang nilai transaksi yg sebenarnya, karena pada dasarnya yang tahu persis transaksi tersebut adalah Importir.

Hanya saja masalahnya, untuk meyakinkan tersebut, Bea dan Cukai sering mempersyaratkan Dokumen-dokumen yang sulit atau perlu waktu untuk menyediakannya, seperti dokumen2 Pembukuan, DNP (Deklarasi Nilai Pabean), Faktur Pajak Standar/Sederhana, bukti pembayaran dll. sedangkan waktu yg diberikan Bea dan Cukai hanya 1 minggu.

Jika semua itu dapat kita penuhi, dengan lengkap, akurat dan tepat waktu sepertinya tidak ada alasan bagi Bea dan Cukai untuk menolak keberatan/banding kita.

2. Sangat Bisa pak, kalau kita menang, jaminan tunai pasti kembali bahkan kita mendapat bunga.

3. Prosentasenya tergantung seberapa siap bapak maju banding, jangan lupa, pihak Bea cukai pun lebih mempersiapkan diri untuk banding, jadi masih ada kemungkinan denda bapak jadi lebih besar. kalau prosedur pengajuannya banding nanti saya paparkan lebih lengkap di posting yg akan datang.

4. Biayanya relatif pak, bapak mau maju sendiri atau meminta bantuan kuasa hukum pajak/ahli pabean. Karena liku2nya cukup banyak, kebanyakan importir menguasakan kepada konsultan/ahli kepabeanan untuk mengurus pengadilan pajaknya pak, biayanya biasanya ada Success fee-nya. Saya ambil contoh dalam suatu kasus kemarin, ada Importir yang mengajukan banding untuk denda senilai 7 jutaan, tapi harus bayar kuasa hukum sekitar 12 jutaan.

Kalau mafia di Indonesia tidak ada, tapi kalau Oknum dan kawan-kawannya itu banyak pak, dan itu ada dimana2 :D

Mudah2an bermanfaat

Join the forum discussion on this post
Filed in: Customs & Govt Agent, General Business, Import & Procurement, Info Teknis

21 Responses to “Tanya Jawab tentang Notul, Nilai Pabean, Keberatan dan Banding”

  1. Bobby Sigit Purwanto
    July 9, 2009 at 9:40 am #

    Terima Ksaih atas jawabannya Pak Rahman,

    Saya mau kasi Informasi bahwa saya Importnya dengan menggunakan PT A qq PT B. Jadi yang selama ini mengurus dari pihak PT A, dan PPJK. kalau saya perhatikan mereka sepertinya kurang care dengan kasus ini alias masa bodoh. yang saya mau tanyakan: 1. apakah saya bisa maju sendiri atau menyerahkan ke pihak konsultan pihak kepabeanan tanpa melibatkan pihak PPJK atau PT A?
    2. Bapak Rahman ada referensi untuk Konsultannya? apakah mau pihak konsultan dibayar setelah kita dinyatakan menang oleh pihak Pengadilan Pajak?
    3. Berapa jangka waktu yang diberikan oleh Bea Cukai untuk kita mengajukan keberatan ke Pengadilan Pajak setelah pihak Bea Cukai memberikan keputusan bahwa keberatan saya ditolak?
    terima Kasih.

    Salam,
    Bobby.

  2. July 14, 2009 at 3:52 am #

    kalau dilihat kasus di atas berarti bapak sebagai indentor, yang meminta PT. A sebagai importirnya.
    1. karena kewajiban pemberitahuan pabean dan pengurusan barang tersebut melekat kepada Importir, maka PT. A-lah yang memiliki hak dan kewajiban melakukan hal tersebut, yg dalam hal ini (mungkin) menguasakan ke PPJK. jadi tetap harus sepengetahuan dan mendapat surat kuasa dari PT. A (Importir) pak.

    2. Ada, biasanya tidak mau pak, fee mereka sudah ditetapkan sebelum maju sidang, dan biasanya mereka juga mendapatkan fee setiap persidangan yang menuntut untuk datang berkali-kali dalam satu kasus. kalau mereka hanya dibayar jika kasusnya menang, nanti kalau kalah mereka tidak makan apa2 dong :D .

    3. jangka waktunya 60 hari sejak diterimanya putusan Bea dan Cukai atas keberatan kita pak, jangan lupa bapak harus membayar pajak terhutang dulu sebesar 50%.

    Mudah2an bermanfaat

  3. Bobby Sigit Purwanto
    July 16, 2009 at 8:42 am #

    Selamat Pagi Pak Rahman,
    Terima Kasih Pak Rahman atas informasi yang bapak beri sangat bermanfaat buat saya. Bisa diinformasikan dukumen apa saja yang harus saya siapkan untuk pengajuan ke pengadilan pajak? kemarin Bapak mau memaparkan prosedur pengajuan ke pengadilan pajak secara lengkap, saya tunggu informasi berikutnya.

    Salam,
    BOBBY.

  4. Henry Samuel
    August 12, 2009 at 5:44 pm #

    Sore Pak Rahman,

    Saya ada pertanyaan mengenai masa berlaku Bank Garansi utk pengajuan keberatan Notul.

    Yg sedang saya alami sekarang bahwa masa berlaku yg ada dlm Bank Garansi saya adalah 90 hari (3 bulan) dari tangal jatuh tempo yg ada di Notul.

    Tapi di tolak oleh BC, karena masa berlaku Bank Garansi tersebut 90 hari dari tanggal diterimanya bank garansi tersebut oleh pihak BC.

    Mohon bantuannya Pak apakah ada peraturan tertulis mengenai masa berlaku Bank Garansi, bila ada mohon di email ke saya.

    terima Kasih Pak dan ditunggu feedbacknya

    best regards,

    Henry Samuel

  5. hsamuel0210
    August 13, 2009 at 8:46 am #

    Selamat Pagi Pak Rahman,

    Numpang tanya nih Pak.

    Salah satu shipment saya terkena Notul. Saya akan mengajukan keberatan terhadap Notul ini.

    Kami mengajukan Jaminan Bank atas Notul ini, masa waktu yg berada dijaminan ini adalah 90 hari dari jatuh tempo Notul tersebut.

    Yang menjadi masalah adalah Jaminan Bank tersebut ditolak BC karena masa waktu tersebut harus 90 Hari dari tanggal terima dokumen oleh BC bukan dari tanggal jatuh tempo notul tersebut

    Mohon dibantu apakah ada peraturan soal masa waktu Jaminan Bank ini?

    Thanks untuk perhatiannya Pak. Ditunggu feedbacknya yah.

    Kind Regards,

    Henry

  6. Asden Situmorang
    September 1, 2009 at 11:39 am #

    Selamat siang Pak Rahman.
    Mengenai ketentuan yang ada dalam Bank Garansi atau Jaminan Bank. Masa berlaku jamnian bank tentu sesuai tanggal yang sudah disebut dalam Jaminan Bank. Yang mau saya tanyakan adalah masa klaim. Bank Garansi itu ada masa klaimnya sekurang-kurangnya 14 hari setelah jatuh tempo bank garansi, bahkan untuk jaminan bank untuk bea cukai masih ditambah 7 hari lagi.
    Dari mana asal 14 hari dan 7 hari tersebut? apakah ada ketentuan atau UU yang mengeturnya?
    Terima kasih
    Asden

  7. hadi
    September 1, 2009 at 2:46 pm #

    Salam Kenal Bapak Rahman Hakim

    Nama saya hadi dari PT wahyu Kartumasindo, saya ingin menayakan beberapa hal yaitu:
    1. Syarat mengajukan banding terhadap keputusan dirjen bea & cukai apa saja ?
    2. Surat banding tersebut ditujukan kepada siapa dan saya harus menyerahkannya kebagian mana ?
    3.Untuk mengurus dan hadir di persidangan apakah harus seseorang yang mempunyai izin untuk bersidang atau tidak ?

    Terima Kasih Atas saranya

  8. dody
    September 30, 2009 at 8:19 pm #

    selamat malam pak,

    perkenalkan saya dody pak,
    begini pak, saya mau nyoba bisnis eksport import nih pak, yapi saya belum tau cara caranya, mengurus perizinannya bagaimana?
    bisa dibilang buta pak.
    rencananya saya mau bisnis baju dan elektronik! kebetulan saya punya kenalan di jepang,dia bersedia menerima kiriman baju, jeans dan lain lain, untuk dijual disana, kami sudah sepakat dengan harga harganya. masalahnya saya gak ngerti cara mengeksportnya kesana?!
    kalau bapak berkenan tolong dijelaskan yah pak, saya senang sekali kalau bapak bisa membantu saya!
    oh iya pak alamat email saya phc_item@yahoo.com

    terimakasih banyak sebelumnya pak…

    dody

  9. Sadat
    November 6, 2009 at 2:52 pm #

    Jika anda butuh bantuan untuk proses custom clearance barang import via laut/udara,silahkan menghubungi kami. Aman,tepat&terjamin.

    Rgds,
    PT.MPM
    Sadat.K
    081318177666

  10. Ace cahyadi
    December 8, 2009 at 4:48 pm #

    Selamat Sore pak
    pak saya mau nanya,,,misalkan PEB sudah direalese di alamat penerimanya salah, tapi di document yang lain termasuk BL,Certificate fumigasi itu bener semua….nahh klo kasus seperti ini gimana untuk merevisinya….??

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.